- diri sendiri
- kemampuan belajarmu
- proses yang berhasil kamu gunakan, dan kamu butuhkan
- minat, dan pengetahuan atas mata pelajaran kamu inginkan
Kamu mungkin belajar fisika dengan mudah tetapi tidak bisa belajar seni, atau sebaliknya. Belajar apapun, adalah proces untuk mencapai tahap-tahap tertentu.
Mulai dengan masa lalu | Apakah pengalaman anda tentang cara belajar? Apakah anda What was your experience about how you learn? Did you senang membaca? memecahkan masalah? menghafalkan? bercerita? menterjemah? berpidato? mengetahui cara menringkas? tanya dirimu sendiri tentang apa yang kamu pelajari? meninjau kembali? punya akses ke informasi dari banyak sumber? menyukai ketenangan atau kelompok belajar? memerlukan beberapa waktu belajar singkat atau satu yang panjang? Apa kebiasaan belajar anda? Bagaimana tersusunnya? Yang mana terbaik? terburuk? Bagaimana anda berkomunikasi dengan apa yang anda ketahui belajar paling baik? Melalui ujian tertulis, naskah, atau wawancara? |
Teruskanke masa sekarang | Berminatkah anda? Berapa banyak waktu saya ingin gunakan untuk belajar? Apa yang bersaing dengan perhatian saya? Apakah keadaannya benar untuk meraih sukses? Apa yang mempengaruhi pembaktian anda terhadap pelajaran ini? Apakah saya punya rencana? Apakah rencanaku mempertimbangkan pengalaman dan gaya belajar anda? |
Pertimbangkan proses, persoalan utama | Apa judulnya? Apa kunci kata yang menyolok? Apakah saya mengerti? Apakah yang telah saya ketahui? Sumber-sumber dan informasi yang mana bisa membantu saya? Sewaktu saya belajar, apakah saya tanya diri sendiri jika saya mengerti? Apakah saya berhenti dan meringkas? Apakah saya membutuhkan waktu untuk berpikir dan kembali lagi? |
Buat review | Apakah kerjaan saya benar? Apakah bisa saya kerjakan lebih baik? Apakah rencana saya serupa dengan "diri sendiri"? Apakah saya memilih kondisi yang benar? Apakah anda sukses? |
Setelah jawab pertanyaan2 itu.... mulailah mencobanya........
so....... Good Luck ^_^
Halaman ini digambarkan dari "metacognition", istilah yang diciptakan oleh Flavell (1976), dan disampaikan oleh banyak orang. Sumber-sumber tambahan telah dikembangkan oleh SNOW (Special Needs Opportunity Windows), suatu project yang menargetkan pada pendidik-pendidik bantuan.
0 komentar:
Posting Komentar